Sabtu, 15 Juni 2013

PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK


Stephen R. Covey ( 1997 ) mengemukakan empat prinsip peranan oarang tua atau keluarga dalam pendidikan anak, yitu :
a.       Modelling yaitu : Orang tua adalah contoh atau model panutan bagi anaknya. Tidak dapat disangkal lagi bahwa teladan yang baik dari orang tua mempunyai pengaruh yang kuat bagi anak. Orang tua merupakan model yang pertama dan terdepan bagi anak (baik positif ataupun negatif), dan merupakan pola pembentukan “way of live” anak. Cara berfikir dan berbuat anak dibentuk oleh cara berfikir dan berbuat orang tuanya. Melalui modelling ini orang tua telah mewariskan cara berfikirnya kepada anaknya, yang kadang-kadang sampai generasi berikutnya. Maka sebagai orang tua yang baik harus bisa menjadi seorang “Modelling” yang baik bagi anaknya.
b.      Mentoring, yaitu kemampuan  untuk menjalin atau membangun hubungan, investasi  emosional (kasih sayang kepada orang lain) atau pemberian perlindungan kepada orang lain secara mendalam, jujur dan tidak bersyarat. Sebagai orang tua yang baik tentunya juga harus bisa menjadi seorang “mentoring” bagi anaknya.
c.       Organisinzing, yaitu keluarga seperti perusahaan yang memerlukan tim kerja dan bekerjasama antar anggota dalam menyeleseaikan tugas-tugas atau memenui kebutuhan keluarga. Maka disini orang tualah yang menjadi pemimpin dalam perusahaan tersebut terutama seorang ayah, supaya bisa menjadi pemimpin yang baik buat keluarganya.
d.      Teaching, yaitu terkait dengan peran orang tua sebagai guru atau pengajar bagi anak-anaknya mengenai hukum-hukum (prinsip-prinsip) dasar kehidupan. Disini orang tua menciptakan kemampuan dasar (conscious comptence) pada diri anak, yaitu anak memahami tentang apa yang mereka kerjakan  dan alasan  tentang mengapa mereka mengerjakan itu. Dengan demikian anak akan enjoy mengerjakan sesuatu yang telah difikirkan dan direncanakan sendiri bukan karena paksaan dari orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar